Semangat Ahmad Dhani yang Patut Dicontoh Generasi Muda Masa Kini

Share
  • 38
    Shares

Sekian lama tak terdengar dalam dunia musik tanah air, Ahmad Dhani kini kembali terlihat mengisi beberapa media baik online maupun offline. Namun, kini Ia tak lagi muncul dengan karya-karya lagu monumentalnya sebagai musisi ataupun dengan penyanyi berbakat orbitannya. Ia muncul dengan wajah dan karir baru sebagai seorang politikus sekaligus sebagai salah satu aktivis tagar 2019 ganti presiden.

Penulis meyakini, banyak fans yang sangat kehilangan idolanya yang satu ini. Terekam dalam karirnya, ia sempat mendirikan beberapa grup band seperti Dewa 19, The Rock, T.R.I.A.D dan Mahadewa yang sempat mengorbit dengan suksesĀ  pada zamannya. Belum lagi dengan beberapa lagu solo dan duetnya dengan beberapa penyanyi dan musisi populer seperti Agnes Monica dan musisi senior Chrisye yang semuanya itu ia himpun dalam sebuah rumah industri musik milik pribadi bernama Republik Cinta Management (RCM).

Beberapa musisi dan penyanyi terkenal pun sempat lahir dari rumah industri tersebut seperti Andra & The Backbone dan Mulan Jamela yang kelak beberapa tahun setelah diorbitkan, telah sah menjadiĀ  istrinya pasca cerai dengan Maya Estianti.

Dengan karirnya yang mentereng seperti itu, tidaklah lantas membuatnya nyaman dan terus menggandrungi belantika musik nasional. Ia malah berbelok arah dan menggandrungi dunia penuh drama, yaitu politik.

Di sinilah awal karir musiknya mulai redup. Ia justru bergulat demi karir poltiknya dalam beberapa ajang ajang pemilihan kepala daerah seperti pilkada Kota Bekasi pada tahun 2017 lalu. Hasilnya pun tidak sesuai yang ia dan partai pengusungnya harapkan. Ia kalah telak dari lawannya. Sebelumnya ia juga pernah sesumbar ingin mencalonkan diri dalam pemilihan Gubernur DKI Jakarta. Karena tidak punya modal, akhirnya ia mengurungkan dirinya untuk nyalon. Satu lagi, ia juga sempat akan nyalon menjadi Wakil Wali Kota Surabaya, tapi lagi-lagi tidak jadi.

Nampaknya karir politiknya tak secemerlang dengan karir musiknya dahulu. Namun karena mungkin sudah terbiasa dengan jatuh bangun dalam berproses membangun karir seperti sebelum ia terkenal sebagai musisi dahulu, pria berkepala plontos keturunan Jerman ini tak lantas kapok walaupun kegagalan demi kagagalan selalu menghampirinya. Ibarat sudah banyak mengenyam asam garam kehidupan, ia lantas tak putus asa.

Tercatat ia pun mengorbankan beberapa posisi sentral seperti jabatan pengurus Wakil Ketua Lembaga Seni Budaya Muslimin Indonesia (Lesbumi) Nahdlatul Ulama (NU) karena ia sudah dianggap tidak mematuhi sikap PBNU yang melarang anggotanya mengikuti aksi 4 November 2016. Meskipun ia sempat berkelit ada nuansa politis dalam pemecatannya itu, tapi fakta menunjukan lain. Ia jarang teribat dalam beberapa rapat resmi yang diselenggarakan oleh Lesbumi.

Sudah jatuh tertimpa tangga pula. Mungkin pepatah inilah yang sangat cocok disematkan kepada sosok yang bisa disebut mantan musisi kawakan, Ahmad Dhani. Seorang musisi yang juga sempat dikategorikan oleh majalah Rolling Stone sebagai “The Immortals: 25 Artis Indonesia Terbesar Sepanjang Masa.”

Seolah tidak pernah ambil pusing dengan kegagalan-kegalalannya itu, justru ia semakin menunjukan semangat pantang menyerahnya. Beberapa bulan lalu ia malah berniat mencalonkan diri sebagai calon anggota DPRD Jawa Timur. Hal itu dibenarkan oleh wakil Ketua Partai Gerindra Jatim, Hendro Subianto seperti diwartakan oleh tribunnews.com bahwa ia akan bertarung di dapil I Jatim, Surabaya-Sidoarjo.

Meskipun sosok Ahmad Dhani sudah menuai kontroversi di kalangan masyarakat Jawa Timur, khususnya masyarakat Surabaya yang merupakan kampung halamannya karena aksinya beberapa waktu lalu di mana ia berniat mendeklarasikan gerakan 2019 ganti presiden dan dianggap mengganggu ketertiban dan keamanan Kota Surabaya, ia lantas merasa yakin akan berhasil pada pemilihan DPRD nanti.

Patut ditunggu, akankah pertaruhan karir politiknya akan berhasil dalam kesempatan kali ini? atau justru malah mengalami kegagalan kembali? apapun hasilnya, selaku generasi muda, kita patut mencontoh semangat pantang menyerahnya seorang Ahmad Dhani.

Komentar yang bijak ya, Lur

Share
  • 38
    Shares