Ngabuburit Asyik Versi Nyarung

Kabar

mmWritten by:

Share
  • 10
    Shares

Setiap memasuki bulan ramadan, ada berbagai macam tradisi dan budaya yang sudah biasa dijalankan oleh umat islam khusunya di Indonesia. Salah satunya tradisi yang sudah beken dan populer di kalangan umat islam di indonesia, yaitu ngabuburit.

Ngabuburit sejatinya merupakan istilah yang diambil dari bahasa sunda. Asal kata ngabuburit adalah “burit” yang mempunyai arti sore menjelang malam. Lantas istilah ngabuburit sendiri bermakna menunggu atau menghabiskan waktu sore menjelang malam atau menunggu waktu berbuka puasa.

Pada perjalanannya, ngabuburit mengalami pergeseran makna dalam konteks kebudayaan seiring berkembangnya waktu dan zaman. Pada awalnya, ngabuburit adalah aktivitas menunggu waktu berbuka puasa dengan menabuh bedug yang dilakukan 2 sampai 3 orang atau lebih dengan berbagai irama disertai dengan iringan sholawat kepada baginda nabi Muhammad SAW sampai waktu adzan magrib tiba.

Hari ini, nampaknya ngabuburit yang demikian itu sudah tidak berlaku. Ngabuburit diartikan oleh kebanyakan umat muslim sekarang adalah segala aktivitas yang dilakukan sore hari menjelang waktu berbuka puasa. Melihat pengertian makna tersebut, ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan untuk menghabiskan waktu ngabuburit kalian.

Oleh karena itu, penulis yang yang sudah malang melintang di dunia ngabuburit ingin menghadirkan rekomendasi aktivitas asyik dan bermanfaat yang kalian bisa lakukan untuk menghabiskan waktu sore menjelang adzan magrib.

  1. Maen game

Bagi kalian pecinta dede gemes game, saat ngabuburit adalah waktu yang tepat untuk memenuhi hasrat yang terpendam memainkan game favorit yang selama ini digeluti. Sebab ngabuburit adalah waktu luang menjelang magrib. Selepas melaksanakan aktivitas seharian, ada baiknya menggunakan waktu luang sore hari menjelang magrib dengan menggeluti hobi bermain game. Selain untuk menghibur diri, main game juga dapat membuat rileks pikiran yang tegang karena banyaknya pikiran dalam pekerjaan. Apalagi jika maen game diselingi dengan dzikir seperti salah satu nyarungmin rekan main penulis yang selalu mengucap lafadz “astaghfirullah….” ketika lawan mainnya menghantam. Bermanfaat bukan ?

  1. Menjual jajanan takjil

Bagi masyakarat perkotaan, bulan ramadan adalah saat yang tepat untuk mengais berkah atau rezeki tambahan dengan menjual makanan dan minuman takjil di pinggir jalan. Ini adalah kesempatan untuk menambah pendapatan atau mungkin untuk menabung dalam rangka menghalalkan gebetan mempersiapkan masa depan.

Sore hari menjelang magrib atau waktu ngabuburit adalah saat yang tepat untuk menjual jajanan takjil, sebab saat itulah para pekerja sedang pulang ke rumah msing-masing dan akan menyempatkan mampir untuk membeli jajanan takjil.

  1. Membantu orang tua mempersiapakan hidangan berbuka

Anak-anak yang soleh adalah anak-anak yang berbakti kepada orang tuanya. Dengan membantu ibu mempersiapkan hidangan berbuka puasa, ngabuburit terasa lebih bermakna dan bermanfaat, sebab nilai kebaikan bertambah dan mempererat hubungan anak dengan orang tua.

  1. Menghabiskan waktu bersama teman

Ngabuburit akan terasa asyik jika diisi dengan berkumpul dengan teman yang tentunya diramaikan dengan ngobrol bareng atu diskusi. Selain menjadi ranah untuk menambah ilmu, ngobrol atau diskusi juga akan membuat pikiran lebih terbuka dengan banyaknya wawasan baru yang diterima. Dan yang pasti, waktu ngabuburit akan semakin tidak terasa karena saking menikmati jalannya acara.

  1. Tadarus atau ngaji pasaran

Saat ramadan adalah saat yang tepat untuk meningkatkan segala hal positif termasuk ibadah. Tadarus al qur’an atau ngaji pasaran saat ngabuburit adalah aktivitas yang paling tepat bagi kalian idaman para mantan yang ingin meningkatkan ibadah anda. Kalau nyarungmin jangan ditanya lagi, mengadakan acara pungkasan saja tadarus al qur’an khatam, apalagi kalau waktunya penuh selama sebulan hehe.

Itulah beberapa aktivitas ngabuburit yang bisa kalian lakukan, tentunya masih banyak aktivitas lain yang asyik dan bermanfaat yang bisa dilakukan. Jadi, apa aktivitas ngabuburit terasyik menurut kalian ?

Komentar yang bijak ya, Lur

Share
  • 10
    Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tak Pernah Murung, Selalu Beruntung