Menu Takjil Paling Cihuyy yang Wajib Dicari

Kabar

Written by:

Share
  • 12
    Shares

Gema takbir adzan, (bukan demo) saat magrib adalah saat yang paling ditunggu di bulan Ramadhan, seperti menanti gebetan memberi jawaban atas cinta yang kita utarakan. Padahal, di bulan selain Ramadhan, adzan subuh maupun adzan maghrib tidak pernah dinantikan seintens bulan ini. Sudah tentu karena di bulan Ramadhan ini, kita dihadapkan pada saat imsak (menahan) dan berbuka.

Nah, lantas, menu apa yang teman-teman santap saat berbuka di bulan Ramadhan tahun ini? apakah dengan bayang-bayang mantan?  atau bayang-bayang gebetan yang juga tidak kunjung peka? Atau bayang-bayang mahar untuk menghalalkan anak orang? 80 persen orang memilih es pastinya.

Berikut adalah ulasan mengenai menu takjil paling cihuy yang dapat teman-teman santap diwaktu berbuka. Dan ternyata, setiap daerah memiliki kekhasan untuk sajian berbuka puasa lho, terutama hidangan ringan untuk berbuka.

  1. Kolak

Kolak merupakan hidangan yang manis terbuat dari santan dan gula serta bahan makanan sesuai pilihan namun tradisi di daerah saya biasanya menggunakan bahan pisang, mentok-mentoknya ditambah dengan kolang-kaling. Jenis hidangan ini banyak ditemukan di pulau Jawa, bahkan hampir semua penjual takjil di daerah Jawa mesti ada kolak, entah kolak pisang ataupun kolak biji salak. Hidangan khas ramadhan yang satu ini memang selalu eksis ketika ramadhan tiba, selalu dicari dan seringkali menggoda selera orang berpuasa dengan hanya melihat untuk segera menikmatinya.

  1. Bubur pacar cina

Mungkin jenis takjil ini sedikit asing bagi yang belum mencobanya, bubur manis dari sagu mutiara juga sering disebut dengan nama bubur mutiara atau kalau di Jawa biasanya disebut dengan Jenang mutiara merah, nah kenapa disebut mutiara? Karena bentuknya kecil bulat-bulat seperti mutiara ketika selesai diolah. Santapan ini terbuat dari bahan dasar pacar cina, biasanya terdapat pacar cina panjang dan pacar cina bulat dengan aneka warna yang menarik tinggal pilih yang menurutmu paling cihuy, kemudian  direbus dengan gula dan dikuahi dengan santan gurih. Kudapan ini biasa dijumpai saat Ramadhan seperti sekarang ini dan harus diakui pacar cina ini memang hidangan khas ramdhan yang populer.

  1. Es buah

Minuman segar dengan aneka buah didalamnya, yang manis dan banyak varian buah sesuai selera penikmatnya dapat melegakan dahaga ketika seharian penuh menahan haus, es buah ini memang tidak hanya populer ketika bulan ramadhan saja tetapi ketika ramadhan tiba memang patut diakui minuman yang satu ini kepopulerannya bertambah.

Sepanjang jalan dapat ditemui penjual es buah dengan mudah, kalangan apapun pasti sangat doyan minuman ini, bahkan hampir setiap hari minuman ini wajib ada di meja makan ketika berbuka untuk sekedar membatalkan puasanya.

  1. Es cendol

Bagi kebanyakan orang berpuasa memang yang paling dicari adalah minuman yang menyegarkan, termasuk minuman yang satu ini banyak dicari ketika tiba waktu berbuka.  Es cendol merupakan minuman khas Indonesia lebih tepatnya dari daerah Sunda, minuman ini terbuat dari tepung beras, disajikan dengan es parut serta gula merah cair dan santan, paling cihuy diminum ketika persis adzan maghrib berkumandang.

  1. Es selendang mayang

Minuman manis dan segar ini banyak dijumpai di Betawi, minuman yang sangat cocok sebagai varian berbuka puasa, selain rasanya yang manis dan segar minuman ini juga dilengkapi dengan adonan tepung beras yang berwarna-warni sehingga semakin menambah selera orang-orang. Tak heran Es ini sangat dicari oleh kebanyakan orang berpuasa

 

  1. Aneka gorengan

Siapa yang tak tahan melihat gorengan? Aneka bahan makanan yang dilapisi dengan tepung dan digoreng menggunakan minyak panas hingga kering dan garing, menjadi kudapan buruan banyak orang terutama ketika bulan puasa untuk bekal berbuka. Selain praktis membuatnya kudapan ini juga banyak ditemukan di pedagang kaki lima sepanjang jalan. Aneka gorengan yang paling banyak disantap dan dicari orang-orang berbuka biasanya seputar risol, tempe mendoan, tahu isi, bakwan dan masih sangat banyak lagi, semuanya enak dan sedikit mengenyangkan.

  1. Es Kelapa Muda

Hampir saja kelewat, pengisi form yang sudah disebar melalui beberapa akun media sosial pribadi saya mengenai takjil berbuka puasa paling cihuy yaitu es kelapa muda. Minuman yang tidak mengenal musim ini biasa disebut juga dengan Es degan, isitilah itu biasanya digunakan di daerah Jawa Timur, sedangkan penggunaan istilah Es kelapa muda untuk daerah Jawa Tengah sedikit ke arah Barat, apapun namanya minuman ini terbuat dari bahan dasar buah kelapa yang masih muda dicampur dengan es, dan nikmat. Minuman ini juga sangat populer ketika bulan puasa, bahkan tetangga saya yang biasanya tak jualan es kelapa muda, ketika datangnya puasa ikut-ikutan latah berjualan, itulah bukti bahwa es kelapa muda sangat dicari ketika tiba waktu berbuka.

 

Jadi, menu takjil apa yang paling cihuy menurut versimu?

 

Komentar yang bijak ya, Lur

Share
  • 12
    Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tak Pernah Murung, Selalu Beruntung